DONOR DARAH SMK N 1 BINANGUN

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Binangun menggelar kegiatan donor darah. Senin (13/01/2020), di Aula sekolah jalan Lapang desa Jati Binangun. Menariknya kegiatan ini di selenggarakan oleh siswa-siswi yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) Wirasesa SMKN 1 Binangun.

Hampir seluruh panitia yang bertugas adalah siswa-siswi, tujuan diadakannya kegiatan donor darah secara tidak langsung mengajarkan kepada seluruh warga sekolah terutama siswa yang sudah memenuhi persyaratan sebagai pendonor untuk melakukan bakti sosial dan peduli terhadap sesama manusia.

“Donor darah ini memang kegiatan rutin PMR Wirasesa SMK N 1 Binangun setiap 3 bulan sekali dari tahun 2013. Bertujuan melaksanakan program kerja PMR dan melatih anak-anak berjiwa sosial, karena kebutuhan donor darah di Kabupaten Cilacap sangat besar dan SMK N 1 Binangun salah satu pemasok darah dari kalangan sekolah, “kata Mr. Slamet Rusdiyanto, selaku Pembina Ekstrakurikuler PMR Wirasesa di SMKN 1 Binangun.

Dengan tajuk “Setetes Darah Anda Menolong Nyawa Sesama” menambah semangat siswa dalam melakukan kegiatan donor darah. Selain diikuti oleh siswa-siswi kelas XI dan XII yang usianya di atas 17 tahun, juga diikuti oleh bapak ibu guru serta karyawan dan warga sekitar sekolah yang ingin ikut andil dalam kegiatan berbagi dengan sesama.

 

Untuk transfusi darah, PMR Wirasesa SMKN 1 Binangun bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap. Kegiatan donor darah yang dilakukan rutin setiap 3 bulan sekali di tahun ajaran semester 2019/2020 sudah berlangsung dua kali.

 

Tak hanya panitia yang terlihat antusias, siswa - siswi yang mendonorkan darahnya terlihat sangat senang, meski sebelumnya ada rasa takut, namun dirinya merasa puas karena bisa terlibat dalam kegiatan positif dan bermanfaat untuk sesama.

 

“Kegiatan ini menunjukan kegiatan yang sangat positif. Dari kegiatan ini saya ingin mengajak siswa siswi untuk lain untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah, “ Kata Wahid Zul.

 

Selain siswa bapak Ibu Guru juga ikut berperan aktif dalam mendonorkan darahnya. “Saya sudah 3 kali ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini, walaupun awalnya merasakan lemas tetapi tubuhnya setelah melakukan donor menjadi lebih ringan,” Kata Bu Desi Kriswahyuni.

 

Donor darah yang berlangsung kurang dari satu hari ini berdasarkan informasi dari pihak PMI Kabupaten Cilacap, berhasil tterkumpul 70 kantong darah.

 

Untuk kedepannya mari kita donorkan darah kita untuk orang yang lebih membutuhkan.

 

Back to News

Berita Terbaru

DONOR DARAH SMK N 1 BINANGUN

Isi

Web Resmi SMK N 1 BINANGUN

Hubungi Kami

Jl. Lapangan, Rt.04 Rw.02, Desa Jati, Kec. Binangun, Kab. Cilacap, Jawa Tengah
+62811 261 3264
smkn1binangun@yahoo.co.id

© 2018-2020